Rabu, 21 April 2010

OBJEK WISATA

PANTAI

Pantai Depok memiliki pantai yang indah di sepanjang wilayah Selatan Yogyakarta. Ombak yang besar dan angin pantai yang cukup kencang membuat banyak masyarakat memilih mata pencaharian sebagai nelayan. Hal ini menyebabkan pantai Depok terkenal sebagai wisata kuliner makanan laut. Angin pantai yang cukup kencang membuat para wisatawan sering bermain layang-layang sebagai pilihan alternatif wisata selain bermain di pinggiran pantai. Apabila Anda datang pada saat sore hari, Anda akan menikmati keindahan pesona pantai saat matahari terbenam (sunset).


GUMUK PASIR / Sand Dune

Gumuk Pasir merupakan sebuah warisan dunia (world heritage), sebagai bentukan endapan pantai yang mencapai ketinggian 20 mpl. Di dunia hanya ada di empat negara, salah satunya di Indonesia. Selain sebagai laboratorium alam berbagai cabang ilmu kebumian fenomena alam, gumuk pasir membentuk ekosistem yang khas. Gumuk Pasir atau Sand Dune merupakan sebuah bentukan alam karena proses angin yang disebut sebagai bentang alam eolean (eolean morphology). Angin yang membawa pasir akan membentuk bermacam-macam bentuk dan tipe gumuk pasir. Bentang alam (morphology) seperti itu sering dijumpai di daerah gurun. Namun menariknya walaupun Indonesia ini beriklim tropis, yang banyak hujan, ternyata ada juga daerah di Indonesia yang memiliki bentang alam yang unik ini.

Gumuk Pasir di daerah tropis sangat banyak macamnya. Gumuk pasir yang paling unik adalah jenis barchan, yang di Indonesia hanya terdapat di kawasan wisata pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan gumuk pasir dengan tipe barchan di pantai Depok sangat unik dan menarik untuk diteliti, dipahami, dan dilestarikan. Gumuk Pasir ini merupakan fenomena yang menarik dipandang sebagai obyek wisata.

BUMI PERKEMAHAN

Pantai Depok memiliki lokasi yang sangat luas dan indah. Hal ini membuat wilayah ini sering digunakan sebagai lokasi tempat perkemahan. Disamping luas dan indah, pantai Depok juga memiliki kawasan pasir yang luas di wilayah gumuk pasir yang mulai ditumbuhi pepohonan yang rindang. Kawasan yang masih agak liar ini menjadi tantangan menarik bagi peserta perkemahan dan tentu saja pemandangan matahari terbenam (sunset) di sore hari akan menambah kesenangan tersendiri bagi para peserta. Di samping itu, tempat perkemahan ini berdekatan dengan laboratorium geospasial yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan peserta tentang potensi alam Indonesia.

(Contact Person: Kepala Dukuh Pantai Depok)


WISATA EDUKASI

Wisata Edukasi ini adalah suatu konsep wisata yang terdiri dari Wisata Pasir, Water Gun dan Permainan Tradisional. Wisata Edukasi ini akan didirikan dalam satu Area (One Stop Playing) di kawasan Pantai Depok, dibawah satu payung manajemen, sehingga konsumen hanya perlu datang ke area Wisata Edukasi untuk memilih permainan dan bermain disana.

Wisata Pasir

Wisata Pasir adalah wisata yang menawarkan penyewaan alat bermain pasir beserta pendampingan anak (jika konsumennya anak–anak) untuk membuat pasir dengan beragam bentuk. Kehadiran permainan ini dimaksudkan menjadi pendorong kreatifitas dan mendidik anak untuk mengekspresikan idenya melalui media pasir yang ada di Pantai Depok, sekaligus sebagai wahana bermain dan berwisata bagi keluarga. Selain pendampingan dan penyewaan alat bermain pasir bagi anak-anak, Wisata Pasir ini juga menawarkan penyewaan alat bermain pasir bagi kalangan remaja dan dewasa.

Water Gun

Permainan Water Gun ini adalah permainan yang menggunakan pistol air dan dimainkan secara berkelompok (harus dua kelompok). Kedua kelompok tersebut nantinya akan “saling berlawanan” berlomba untuk menduduki benteng. Permainan ini melatih untuk membuat strategi dan membangun karakter seseorang untuk kompetitif namun juga mampu bekerjasama dalam tim.


Permainan Tradisional

Permainan ini dirancang secara sederhana namun tetap menampilkan tantangan bagi peserta. Permainan tradisional tersebut antara lain adalah lari karung, membawa kelereng dalam sendok, merayap dibawah tali, dan melewati rintangan lainnya. Permainan ini dapat dimainkan perorangan maupun kelompok.

Futsal

Permainan ini hampir sama dengan permainan futsal yang sering dimainkan di arena lapangan futsal lainnya. Hanya perbedaannya adalah lapangan tidak berada di arena tertutup/indoor dan tidak dilengkapi dengan rumput sintetis, melainkan hamparan pasir pantai yang luas dan cahaya sinar matahari. Hal itu yang membuat permainan futsal menjadi semakin menantang dan menarik.

(Contact Person: Karang Taruna Bungkus dan Pantai Depok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar