Rabu, 21 April 2010

TRADISI DAN KEBUDAYAAN

  • LARANGAN

Walaupun pantai Depok termasuk dalam wilayah pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan mitos Ratu Nyai Roro Kidul, namun dalam kenyataannya masyarakat pantai Depok tidak memiliki larangan tertentu bagi para pengunjung yang ingin bermain di kawasan ini.

  • SEDEKAH LAUT

             Sebagai salah satu kawasan objek wisata di Yogyakarta, pantai Depok memiliki tradisi dan kebudayaan yang amat sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah ritual Sedekah Laut. Sedekah Laut diadakan dalam rangka memohon keselamatan kepada Tuhan agar saat masyarakat nelayan mencari ikan di laut terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dikarenakan masyarakat pantai Depok mata pencahariannya sebagai nelayan, sedekah itu dimaksudkan sebagai rasa syukur nelayan atas diberi keselamatan dan penghasilan berupa ikan dan ditujukan kepada Sang Penguasa Laut, dengan harapan supaya para nelayan ini selalu diberi hasil yang banyak dan selalu diberi keselamatan. Upacara dimulai sejak siang hari dan ditutup dengan hiburan malam, seperti ketoprak atau wayang. Sedekah laut adalah untuk memohon keselamatan kepada Sang Ratu Laut Kidul sehingga harus dilakukan di pantai dan menghadap ke Selatan dimana Sang Ratu Kidul berada.

  • KESENIAN

Pantai Depok memiliki kesenian daerah yang berkembang di masyarakat dari sejak beberapa tahun belakangan ini. Salah satunya adalah kelompok kesenian Jathilan yang menjadi wadah bagi masyarakat pantai Depok yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan untuk mengasah kemampuan seni tari mereka dan sekaligus melestarikan kesenian tari daerah. Selain Jathilan, kesenian lain yang ada di pantai Depok adalah Shalawatan dan Ketoprak.

Selain itu, SD Bungkus yang merupakan salah satu sekolah negeri di daerah pantai Depok juga mengembangkan dan melatih para muridnya untuk belajar kesenian daerah mereka, baik seni tari maupun seni musik karawitan. Kesenian tari SD Bungkus sendiri telah menjadi juara baik tingkat kabupaten Bantul maupun propinsi. Adapun beberapa prestasi yang telah diraih adalah Juara I Lomba Permainan Anak Kabupaten Bantul tahun 2003, Juara 3 Lomba Permainan Anak Kabupaten Bantul tahun 2007, dan Juara I tingkat propinsi di Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Selain itu kesenian tari SD Bungkus juga pernah menjadi perwakilan propinsi Yogyakarta dalam atraksi iring-iringan pawai Gelar Budaya Nusantara di depan Istana Negara pada tahun 2009.

(Contact Person : SD BUNGKUS Kec. Parangtritis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar